Selasa, 30 Agustus 2011

Catatan Penting untuk materi GERAK

Apa itu "TITIK ACUAN" / "KERANGKA ACUAN" ?
Titik Acuan / Kerangka Acuan adalah titik awal ketika benda mulai bergerak.

Menurut sudut pandang ilmu fisika, bagaimana suatu benda dapat dikatakan bergerak?
Suatu benda dikatakan bergerak apabila benda tersebut mengalami PERPINDAHAN titik acuan. Mudahnya, benda tersebut dikatakan bergerak apabila mengalami perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain. Akan diberikan ilustrasi berikut
"Anto berjalan kaki dari Jalan Lebak Bulus hingga Jalan Pasar Jumat", mana yang menjadi titik acuan? yang menjadi titik/kerangka acuan adalah Jalan Lebak Bulus (titik awal ketika Anto akan bergerak). Maka Anto dikatakan bergerak karena telah mengalami PERPINDAHAN dari titik acuan (berpindah tempat dari Lebak Bulus ke Pasar Jumat).

Apa itu "PERPINDAHAN" ? Perpindahan adalah berubahnya titik acuan. Maka, benda yang mengalami perpindahan dapat dikatakan BERGERAK (seperti kasus Anto yang berpindah dari Lebak Bulus ke Pasar Jumat). Bagaimana untuk kasus berikut ?
"Anto berjalan kaki dari Lebak Bulus ke Pasar Jumat dan kembali lagi ke Lebak Bulus". Dalam kasus tersebut, Anto dikatakan TIDAK BERGERAK karena tidak mengalami perpindahan. "kok bisa tidak mengalami perpindahan?" karena titik acuannya tidak berubah (ingat, titik acuannya adalah Lebak Bulus)

Apa itu Gerak Semu? Gerak Semu adalah benda yang diam terlihat seolah-olah bergerak. Contohnya ketika kamu menaiki transportasi umum, lihatlah pepohonan dan bangunan-bangunan, seakan-akan pohon-pohon dan bangunan tersebut bergerak, padahal pohon dan bangunan tersebut diam (padahal yang bergerak adalah kendaran yang kita naiki bukan?). Lihat, Matahari terbit di timur dan terbenam di barat, seolah-olah matahari tersebut bergerak. Kenyataannya matahari tersebut diam, yang bergerak adalah Bumi (yang berputar pada porosnya)

Apa itu Gerak Relatif? Gerak Relatif adalah gerak suatu benda yang bergantung pada titik acuannya. Perhatikan kasus berikut
"Anto menaiki bus Trans Jakarta. Penumpang lainnya duduk di terminal yang berada tepat disebelah kanan Bus Trans Jakarta. Ketika Bus bergerak, seorang pedagang kaki lima melintas di depan bus (menyebrang)". Mari kita telusuri
  1. Jika PENUMPANG YANG DUDUK DI TERMINAL di jadikan sebagai titik acuan, maka Anto dikatakan bergerak terhadap penumpang yang duduk di terminal (dan terhadap terminal). Tetapi, Anto diam terhadap bus yang ditumpanginya.
  2. Jika BUS TRANS JAKARTA yang dijadikan sebagai titik acuan, maka penumpang yang duduk di terminal dan pedagang kaki lima dikatakan bergerak terhadap bus. Namun bus diam
Pertanyaannya, jika Matahari dijadikan sebagai titik acuan kita, maka teman-teman yang sedang duduk manis saat ini diam ataukah bergerak?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar